Dampak Game Online Terhadap Generasi Muda
KATA
PENGANTAR
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Segala puji
bagi Allah yang telah memberikanku kemudahan sehingga dapat menyelesaikan
makalah ini. Tanpa pertolongan-Nya mungkin penyusun tidak akan sanggup
menyelesaikannya dengan baik. Shalawat dan salam semoga terlimpah curahkan
kepada baginda tercinta kita yakni Nabi Muhammad SAW.
Makalah ini disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu tentang "Dampak Game Online Terhadap Generasi Muda", yang kami sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber. Makalah ini disusun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Allah akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.
Walaupun makalah ini kurang sempurna dan memerlukan perbaikan tapi juga memiliki detail yang cukup jelas bagi pembaca.
Penyusun juga mengucapkan terima kasih kepada Dosen Ilmu Sosial Dasar yang telah membimbing penyusun.
Semoga makalah ini dapat memberikan pengetahuan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyusun membutuhkan kritik dan saran dari pembaca yang membangun. Terima kasih.
Depok, November 2015
Makalah ini disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu tentang "Dampak Game Online Terhadap Generasi Muda", yang kami sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber. Makalah ini disusun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Allah akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.
Walaupun makalah ini kurang sempurna dan memerlukan perbaikan tapi juga memiliki detail yang cukup jelas bagi pembaca.
Penyusun juga mengucapkan terima kasih kepada Dosen Ilmu Sosial Dasar yang telah membimbing penyusun.
Semoga makalah ini dapat memberikan pengetahuan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyusun membutuhkan kritik dan saran dari pembaca yang membangun. Terima kasih.
Depok, November 2015
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR ..............................................................................
DAFTAR
ISI ...........................................................................................
BAB I PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang .....................................................................
1.2 Tujuan....................................................................................
1.3 Perumusan Masalah..............................................................
1.4 Manfaat
Penelitian.................................................................
BAB II PEMBAHASAN
2.1
Pengertian Game Online.......................................................
2.2
Sejarah Game Online............................................................
2.3
Faktor Penyebab Kecanduan................................................
2.4
Dampak dari Game Online....................................................
2.5
Cara Mengatasi Kecanduan.................................................
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan....................................................................................
B. Saran.............................................................................................
DAFTAR PUSTAKA
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Di zaman yang sangat
modern ini, game online sudah tidak asing lagi di telinga kaum remaja. Beberapa
tahun terakhir ini, banyak kaum remaja gemar bermain game online. Hal ini
didukung dengan banyaknya game center dilingkungan sekitar yang menawarkan
dengan harga terjangkau oleh kaum remaja.
Oleh sebab
itu banyak remaja yang menyisihkan uang sakunya untuk bermain game online
berjam-jam hingga lama-kelamaan kecanduan game online. Akibat hal ini remaja
pun banyak melupakan hal-hal yang lebih penting seperti belajar, beribadah,
bahkan kesehatan pun dilupakan.
Apakah
mereka tau pengaruh negatif tersebut? Apakah mereka sadar? Makalah ini akan menelaah
hal tersebut tentang game online dan dampak-dampaknya hingga tips-tips agar
tidak kecanduan dari game online.
1.2
Tujuan Penelitian
Dalam Makalah ini
penulis mempunyai beberapa tujuan yaitu:
1. Mengetahui penyebab
kaum remaja memilih bermain Game Online.
2. Mengetahui pengaruh
terhadap kaum remaja yang bermain Game
Online.
3. Mengetahui cara
mengatasi kecanduan Game Online.
1.3
Perumusan Masalah
Berdasarkan tujuan
penelitian makalah maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut:
1. Apa yang dimaksud Game
Online?
2. Apa faktor penyebab
kaum remaja kecanduan Game Online?
3. Apa dampak dari Game
Online?
4. Bagaimana terlepas
dari kencanduaan Game Online?
1.4
Manfaat Penelitian
Manfaat makalah ini
khususnya kaum remaja dapat lebih memahami dan sadar akan kerugian yang didapat
dari bermain Game Online bagi masa
depan mereka sendiri. Serta untuk mencegah kerusakan moral pada didi remaja
tersebut.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
Pengertian Game
Online
Pengertian Game Online atau Online Games adalah sebuah permainan (games) yang dimainkan di dalam suatu jaringan (baik LAN maupun
Internet). Game yang berbasis
elektronik dan visual yang memanfaatkan teknologi media visual elektronik
dan game online menyediakan
server-server tertentu agar bisa dimainkan,Game
online tidak ada akhirnya.
Game online sendiri tidak lepas juga dari
perkembangan teknologi komputer dan jaringan komputer itu sendiri. Meledaknya game online sendiri merupakan cerminan
dari pesatnya jaringan komputer yang dahulunya berskala kecil (small local network) sampai menjadi
internet dan terus berkembang sampai sekarang.. Berikut beberapa contoh Game Online yang beredar di Indonesia:
o
Ragnarok Online
o
Perfect World
o
Dota
o
Rohan Online
o
Seal Online
o
Ayo Dance
o
Atlantica Online
o
Lost Saga
o
Point Blank
o
Cross Fire
o
Counter Strike Online
2.2
Sejarah Game Online
Sejarah game online (Permainan Daring) dimulai
sejak tahun 1969, ketika permainan untuk dua orang dikembangkan dengan tujuan
awal untuk pendidikan. Kemudian pada awal tahun 1970, sebuah sistem dengan
kemampuan time-sharing, yang disebut Plato, diciptakan untuk memudahkan siswa
belajar secara online, di mana
beberapa pengguna dapat mengakses komputer secara bersamaan menurut waktu yang
diperlukan. Dua tahun kemudian, muncul Plato
IV dengan kemampuan grafik baru, yang digunakan untuk menciptakan permainan
untuk banyak pemain (multiplayer games).
Permainan daring benar-benar mengalami
perkembangan setelah tahun 1995, pembatasan NSFNET (National Science Foundation Network) dihapuskan, membuat akses ke
domain lengkap dari internet. Kesuksesan moneter menghampiri
perusahaan-perusahaan yang meluncurkan permainan ini, sehingga persaingan mulai
tumbuh dan menjadikan permainan daring semakin berkembang hingga hari ini.
Permainan Daring (Online Games) adalah jenis permainan
komputer yang memanfaatkan jaringan komputer (LAN atau internet), sebagai
medianya. Biasanya permainan daring disediakan sebagai tambahan layanan dari
perusahaan penyedia jasa online, atau
dapat diakses langsung melalui sistem yang disediakan dari perusahaan yang
menyediakan permainan tersebut.
Menurut
Andrew Rollings dan Ernest Adams, permainan daring
lebih tepat disebut sebagai sebuah teknologi, dibandingkan sebagai sebuah genre permainan; sebuah mekanisme untuk
menghubungkan pemain bersama, dibandingkan pola tertentu dalam sebuah permainan
(Rolling & Adams, 2006: 770).
Permainan
daring terdiri dari banyak jenis, dari mulai permainan sederhana berbasis teks
hingga permainan yang menggunakan grafik kompleks dan membentuk dunia virtual
yang ditempati oleh banyak pemain sekaligus.
Dalam
permainan daring, ada dua unsur utama, yaitu server dan client. Server melakukan administrasi permainan
dan menghubungkan client, sedangkan client adalah pengguna permainan yang
memakai kemampuan server.
Permainan
daring bisa disebut sebagai bagian dari aktivitas sosial karena pemain bisa
saling berinteraksi secara virtual dan seringkali menciptakan komunitas maya.
TIPE-TIPE GAME
ONLINE:
Ø First Person Shooter
(FPS)
Sesuai judulnya game ini
mengambil pandangan orang pertama pada gamenya sehingga seolah-olah kita
sendiri yang berada dalam game tersebut, kebanyakan game ini mengambil setting
peperangan dengan senjata-senjata militer (di indonesia game jenis ini sering disebut
game tembak-tembakan).
Ø Real-Time Strategy
Merupakan game yang
permainannya menekankan kepada kehebatan strategi pemainnya, biasanya pemain
memainkan tidak hanya 1 karakter saja akan tetapi banyak karakter.
Ø Cross-Platform Online
Merupakan game yang dapat
dimainkan secara online dengan hardware yang berbeda misalnya saja need for
speed undercover dapat dimainkan secara online dari PC maupun Xbox 360(Xbox 360
merupakan hardware/console game yang memiliki konektivitas ke internet sehingga
dapat bermain secara online).
Ø Browser Games
Merupakan game yang
dimainkan pada browser seperti Firefox, Opera, IE. Syarat dimana sebuah browser
dapat memainkan game ini adalah browser sudah mendukung javascript, php, maupun
flash.
Ø Massive Multiplayer
Online Games
Adalah game dimana
pemain bermain dalam dunia yang skalanya besar (>100 pemain), setiap pemain
dapat berinteraksi langsung seperti halnya dunia nyata.
2.3
Faktor penyebab Kecanduan
Banyak penyebab yang
ditimbulkan dari kecanduan game online, salah satunya karena gamer tidak
akan pernah bisa menyelesaikan permainan sampai tuntas. Selain itu, karena
sifat dasar manusia yang selalu ingin menjadi pemenang dan bangga semakin mahir
akan sesuatu termasuk sebuah permainan. Dalam game online apabila point
bertambah, maka objek yang akan dimainkan akan semakin hebat, dan kebanyakan
orang senang sehingga menjadi pecandu. Penyebab lain yang dapat ditelusuri
adalah kurangnya pengawasan dari orang tua, dan pengaruh globalisasi dari
teknologi yang memang tidak bisa dihindari. Terdapat faktor internal dan faktor
eksternal yang menyebabkan adiksi remaja terhadap game online.
Faktor-faktor internal yang dapat menyebabkan
terjaadinya adiksi terhadap game online, sebagai berikut:
·
Keinginan yang kuat dari diri remaja untuk memperoleh nilai yang tinggi
dalam game online, karena game online dirancang sedemikian rupa
agar gamer semakin penasaran dan semakin ingin memperoleh nilai yang lebih
tinggi.
·
Rasa bosan yang dirasakan remaja ketika berada di rumah atau di sekolah.
·
Ketidakmampuan mengatur prioritas untuk mengerjakan aktivitas penting
lainnya juga menjadi penyebab timbulnya adiksi terhadap game online.
·
Kurangnya self control dalam diri remaja, sehingga remaja kurang
mengantisipasi dampak negatif yang timbul dari bermain game online secara
berlebihan.
Sedang faktor-faktor eksternal yang menyebabkan
terjadinya adiksi bermain game online pada remaja, sebagai berikut:
·
Lingkungan yang kurang terkontrol, karena melihat teman-temannya yang lain
banyak yang bermain game online.
·
Kurang memiliki hubungan sosial yang baik, sehingga remaja memilih
alternatif bermain game sebagai aktivitas yang menyenangkan.
·
Harapan orang tua yang melambung terhadap anaknya untuk mengikuti berbagai
kegiatan seperti kursus-kursus atau les-les, sehingga kebutuhan primer anak,
seperti kebersamaan, bermain dengan keluarga menjadi terlupakan.
Gejala remaja kecanduan game diantara lain:
o Lebih banyak
menghabiskan waktu bermain game pada jam-jam di luar sekolah.
o Tertidur di sekolah.
o Sering melalaikan
tugas.
o Nilai di sekolah
jeblok.
o Berbohong soal berapa
lama waktu yang sudah dihabiskan untuk ngegame.
o Lebih memilih bermain
game daripada bermain dengan teman.
o menjauhkan diri dari
kelompok sosialnya (klub atau kegiatan ekskul).
o Merasa cemas dan mudah
marah jika tidak ngegame.
Sementara gejala-gejala fisik yang bisa menimpa
seseorang yang kecanduan game antara lain:
o Carpal tunnel
syndrome (gangguan di pergelangan
tangan karena saraf tertekan,
misalnya jari-jari tangan menjadi kaku).
o Mengalami gangguan
tidur (Insomia).
o Sakit punggung atau
nyeri leher.
o Sakit kepala.
o Mata kering.
o Malas makan / makan
tidak teratur.
o Mengabaikan kebersihan
pribadi (misal: malas mandi).
2.4
Dampak dari Game Online
Bermain game online
pada remaja memiliki dampak positif dan negatif. Dampaf positif dari bermain
game online yaitu dapat mengaktifkan sistem motorik, dengan koordinasi yang
tepat antara informasi yang diterima oleh mata kemudian di teruskan ke otak
untuk diproses dan diperintahkan kepada tangan untuk menekan tombol tertentu.
Game online
dapat mendorong remaja menjadi cerdas, karena pemain game online menuntut daya
analisa yang kuat dan perencanaan strategi yang tepat agar bisa menyelesaikan
permainan dengan baik. Kelebihan yang bisa diperoleh oleh remaja dalam bermain game online
adalah meningkatkan konsentrasi.
Bermain game online
memang dapat berdampak positif, tetapi jika dibiarkan berlarut-larut hingga
mengarah pada adiksi tentu akan memberikan dampak negatif, diantaranya remaja
menjadi tidak memiliki skala prioritas dalam menjalani aktivitas sehari-hari.
Mendorong remaja untuk bertindak asosial, karena aktivitas bermain game online
cukup menyita waktu berkomunikasi, baik berkomunikasi dengan keluarga maupun
teman sebaya. Menimbulkan kemalasan belajar, disebabkan kelelahan yang
ditimbulkan setelah bermain game online, sehingga dapat memicu tindakan
kekerasan, karena remaja mengimitasi tokoh secara berlebihan, sehingga meniru
seluruh prilaku yang di tampilkan tokoh dalam permainan tanpa mempertimbangkan
apakah hal tersebut berbahaya atau tidak. Perilaku imitasi yang berlebihan ini
dapat pula memicu tindakan kriminal, tanpa pengetahuan remaja, bahwa menyakiti
orang lain secara fisik adalah suatu tindakan kriminal.
Adapun
lebih detail mengenai dampak positif dan negatif dari game online yang membuat
remaja kecanduan terhadap game online,antara lain :
Dampak Positif
·
Menghilangkan Kepenatan
·
Dapat memberi rasa rileks dan mengendurkan urat saraf dari kesibukan rutin
atau kecapekan setelah bekerja.
·
Melatih kemampuan untuk memusatkan perhatian dan konsentrasi pemainnya.
·
Melatih memecahkan masalah dengan mempergunakan analisa.
·
Melatih kemampuan untuk mengatur sistematis kerja untuk mencapai tujuan.
·
Mengembangkan kecepatan reaksi dan persepsi audio visual.
·
Tidak membuat orang gampang putus asa.
·
Melatih mengembangkan kesabaran dan ketekunan.
·
Melatih mengembangkan imajinasi dan kreativitas berpikir secara lebih luas.
·
Membentuk rasa percaya diri.
Dampak Negatif
·
Dapat menurunkan Kesehatan pemain.
·
Menimbulkan Kemalasan dan tindakan criminal.
·
Dapat membuat pemainnya lupa waktu, lupa belajar, lupa tugas dan tanggung
jawab.
·
Dapat membuat pemainnya tidak produktif karena waktunya habis dipergunakan
untuk bermain game online.
·
Dapat meningkatkan sikap agresivitas pemainnya, karena pengaruh aksi-aksi
kekerasan yang terbiasa disaksikannya.
·
Dapat menyebabkan anti sosial, karena keranjingan main game online.
·
Dapat menyebabkan ketegangan emosional antara orang tua dengan anak yang
kecanduan.
2.5
Cara Mengatasi Kecanduan
Tempat-tempat
game online sekarang sudah banyak dan mudah dijumpai baik di perkotaan
atau pun dipedesaan, jadi perkembangannya menjadi lebih mudah. Yang dibahayakan
dari dampak game online ini sangat buruk terutama untuk psikis dan fisik pada usia
remaja.
Beberapa tips atau solusi cara mengatasi kecanduan Game online,
Antara Lain:
o
Bersungguh – sungguh (Niat)
Langkah
pertama agar bisa berhenti kecanduan harus ada niat dalam diri sendiri yaitu
harus bersungguh-sungguh atau berjanji dengan diri anda sendiri tidak akan main
game online lagi, namun awalnya pasti begitu sulit untuk melakukannya,
tapi lambat laun pasti akan bisa.
o
Mempunyai Pikiran Hemat
Dengan
menghitung banyaknya uang yang dikeluarkan untuk bermain game online di warnet
akan membuat seseorang lebih berpikir untuk tidak menghabiskan uangnya demi game online.
o
Mencari aktivitas lain
Mencari
aktivitas lain yang positif dan lebih bermanfaat terutama kebiasaan yang
disukai, seperti berolahraga, membaca buku atau berekreasi. Sehingga tidak ada
waktu kosong untuk bermain game online.
o
Membatasi waktu bermain game online
Mengurangi
waktu bermain dengan mulai menentukan jam bermain dan hari bermain dan
diusahakan mematuhi jadwal tersebut. Untuk tahap awal sehari bermain 3 jam dan
untuk hari-hari berikutnya dikurangi sedikit demi sedikit.
o
Jangan bergaul dengan pemain game
Maksut dari
hal ini bukan tidak boleh berteman dengan pemain game melainkan jangan terlalu akrab karena ajakan dan pengaruh
teman akan gampang mempengaruhi untuk bermain game online lagi.
o
Meminta Bantuan orang terdekat
Maksutnya
meminta orang terdekat untuk sementara menjadi pengingat setiap kali hendak ke
warnet atau ingin bermain game. Akan
sangat baik apabila dia bukan seorang gamers
juga.
BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
Game Online atau Online Games adalah sebuah permainan (games) yang dimainkan di dalam suatu jaringan (baik LAN maupun
Internet). Faktor yang mempengaruhi kebanyakan dikarenakan rasa penat terhadap
tugas dan ajakan teman-teman sekitar.
Dampak negatif bermain game online lebih banyak dibanding dampak positifnya antara lain:
Ø Dapat merusak
Kesehatan pemain.
Ø Menimbulkan Kemalasan
dan tindakan kriminal
Ø Dapat membuat
pemainnya lupa waktu, lupa belajar, lupa tugas dan tanggung jawab.
Ø Dapat membuat
pemainnya tidak produktif karena waktunya habis dipergunakan untuk bermain game online.
B. Saran
Daripada bermain game online yang menghabiskan uang dan
waktu sebaiknya kaum remaja pecandu game
mengisi waktu dengan hal-hal yang positif atau lebih bermanfaat serta
mengeluarkan uang sesuai dengan kebutuhan.
DAFTAR PUSTAKA
Fahrul Alam,M.2010.”Pengertian Game Online dan Sejarahnya”.http://my.opera.com/mfahrul/blog/show.dml/10712381 (diakses 10
November 2013).
2012.”Pengertian dan Tipe-tipe Game Online”.http://wicethe.wordpress.com/pengertian-dan-tipe-tipe-game-online/ (diakses 10
November 2013)
2012.”SEJARAH GAME ONLINE”. http://wicethe.wordpress.com/sejarah-game-online/ (diakses 10
November 2013)
2012.”Fenomena Dunia Visual”.http://evamasy.blogspot.com/2013/02/fenomena-dunia-virtual-studi-kasus.html
Web Group :
Segera Bergabung Bersama Aslibandar.net Situs resmi yang menjanjikan kemenangan dan Bonus secara cuma-cuma.
BalasHapusDengan Minimal Deposit Rp 20.000,- Di Sertai Bonus yang menjanjikan. Tentu saja akan membuat harimu semakin cerah dan berwarna.
Tunggu apa lagi.. Buktikan kamu adalah Master Poker Indonesia. Dengan Cara Mendaftar di Aslibandar.com
Daftar Segera dan dapatkan user ID untuk kalahkan semua temenmu. !!!
HUbungi Cs Kami !!!
Skype : AsliBandar
BBM : 2B3C34F4
YM : AsliBandar_CS
FB : AsliBandar
telp : +855.882.388.666
Livechat : AsliBandar.net