Rumah Melayang Tahan Gempa Dengan Air Danshin System (Universitas Gunadarma Review)


Sebuah perusahaan di Jepang beralih ke levitasi sebagai cara melindungi rumah yang rawan gempa terhadap guncangan yang merusak. Lalu levitasi itu apasih, levitasi adalah salah satu teknik membuat sebuah objek melayang entah itu menggunakan tekanan maupun gelombang magnetik.

Dari sekian banyak bencana yang pernah terjadi di Jepang seperti gempa bumi, banjir, kekeringan, angin topan, dan bocornya nuklir (wow negara tahan banting yah haha) membuat Jepang mengalami kemajuan. Sebagai hasilnya, banyak solusi perumahan inventif dan tahan bencana alam loh.

Para pemikir Jepang terus menyulap cara-cara baru untuk menjaga dan isi rumah tetap aman ketika tanah mulai bergemuruh. Salah satu solusinya adalah Rumah Melayang (inikah masa depan haha), rumah melayang ya melayang kalian tahukan.

Penciptaan Air Danshin System sebuah konsep yang terdengar gila tapi cuku[ sederhana ini mengangkat struktur dari pondasinya menggunakan tekanan udara WOW. Air Danshin juga disebut-sebut sebagai solusi pemeriksaan gempa yang terjangkau dan perawatan rendah yang harganya murah dari harga sistem lain.


Penjelasan singkatnya sih ketika terjadi gempa bumi, sensor seismik memicu sistem dalam beberapa detik tangki udara meledakkan lapisan kuat udara terkompresi diantara rumah dan pondasi buatannya. Akibatnya, rumah terangkat dari pondasi dan melayang di udara sekitar 3 sentimeter. Ketika goncangan mereda, rumah yang melayang dengan lembut jatuh kembali ke pondasi hingga sensor pendeteksi getaran mulai berhenti. Baterai darurat disediakan untuk memastikan sistem tetap berfungsi jika terjadi kehilangan daya.


Sangat gila, kan?. Namun timbul pertanyaan dalam kepalaku, seberapa kuat kegiatan seismik bagi sistem untuk mulai bekerja karena akan menyia-nyiakan kekuatan jika rumah mulai melayang hanya setiap getaran kecil seperti gemuruh petir diatas rumah atau sebuah truk besar melintas didepan rumah.

Gambar dan penjelasan saja tidak cukupkan? oke akan saya berikan bonus videonya, check it out.


Sumber: https://www.mnn.com/your-home/at-home/blogs/levitating-homes-the-future-of-earthquake-resilient-housing-in-japan
Sumber: https://newatlas.com/airlift-system-levitate-houses-earthquakes/21762/
Sumber: https://www.theguardian.com/world/video/2012/mar/06/japanese-airbag-protects-homes-from-earthquakes-video

Penulis: Abbie Kusdwiyanda
NPM: 10315007
Kelas: 4TA03
Dosen Pengajar: I Kadek Bagus Widana Putra
Jurusan: Teknik Sipil
Universitas: UniversitasGunadarma

Komentar

Postingan Populer